Fakta-fakta IBNU SINA yang Jarang Sekali Kita Ketahui

Ibnu Sina atau dikenal juga sebagai Avicenna di Dunia Barat, Ibnu Sina bernama lengkap Abū ‘Alī al-Husayn bin ‘Abdullāh bin Sīnā. Karena besarnya konstribusinya terhadap dunia kedokteran maka ia dijuluki sebagai "Bapak Kedokteran". Ia juga seorang penulis yang produktif dimana sebagian besar karyanya adalah tentang filosofi dan pengobatan. Bhkan kalau Anda membaca sendiri bukunya yang berjudul Canon of Medicine, Anda akan terkejut betapa banyaknya penyakit modern yang telah dibahas oleh Ibnu Sina beserta metode pengobatannya.

Jumlah karya yang dihasilkan oleh Ibnu Sina selama hidupnya diperkirakan antara 100 sampai 250 buah buku. Kualitas karyanya yang bergitu luar biasa dan keterlibatannya dalam praktik kedokteran, mengajar, dan politik, menunjukkan tingkat kemampuan yang luar biasa.
Berikut fakta-fakta Ibnu Sina yang jarang sekali kita ketahui diantaranya:

1. Ibnu Sina telah hafal Al-Qur'an di usia 7 tahun. Ia juga telah memahami metafisika dan semua filsafat Aristoteles di umur 8 tahun

2. Pengobatan menggunakan lintah yang populer pada abad-18 di Eropa, sebenarnya adalah temuan Ibnu Sina.

3. Ibnu Sina menemukan peredaran darah manusia dan anatominya, 600 tanhun lebih sebelum William Harvey.

4. Ibnu Sina memiliki kemampuan menulis dan membaca yang sangat cepat. Ia bahkan bisa menulis di atas punggung kuda yang berjalan cepat tetapi tulisannya tetap rapi.

5. Di umur 18 tahun Ibnu Sina telah menjadi ilmuan fisika yang repotasinya dihormati dan dosen. 

6. Sebelum menetap di Gordan, Ibnu Sina telah menyembuhkan penyakit pangeran Al-Mansur ketika semua dokter di daerahnya sudah menyerah.

7. Menjelang kematiannya, Ibnu Sina sempat menyatakan keinginannya untuk meneliti cara mengisolasi mikroorganisme. Namun tidah sempat, karena ajal delah mendahuluinya sebelum melakukan penelitian tersebut.

Itulah fakta-fakta dari Ibnu Sina yang jarang sekali kita ketahui, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita semua.


Sumber: theopage.net, wikipedia